Menu Close

Ketua DPN IKAPTK melantik DPP IKAPTK Jawa Tengah

Semarang (2/10/22)- Bertempat di Hotel KHAS Semarang, seluruh pengurus DPK IKAPTK se Provinsi Jateng berkumpul untuk melaksanakan Kongres Provinsi ke III pada tanggal 2 Oktober 2020. Agenda kongres tersebut adalah mendengarkan laporan pertanggung jawaban DPP IKAPTK periode 2017 – 2020 dan memilih Ketua DPP periode 2022 – 2027. Kongres secara aklamasi menerima LPJ pengurus dan memilih Bergas Catursadi Penanggungan S.Sos, M.Si purna praja 04 yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Provinsi Jateng sebagai Ketua.

Ketua terpilih bersama tim formatur kemudian menyusun kepengurusan yang kemudian dilantik oleh Ketua Umum DPN IKAPTK dan dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Tengah selaku Ketua Dewan Pembina IKAPTK Jawa Tengah pada sore hari.

Ketua Umum DPN IKAPTK juga berkesempatan menyematkan PIN kehormatan kepada Wakil Gubernur Jateng dalam kapasitasnya selaku Wakil Ketua Dewan Pembina IKAPTK Jateng. Dalam sambutannya Ketum DPN IKAPTK, Dr. AKMAL MALIK menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota IKAPTK di Jateng untuk menunjukkan loyalitasnya pada pimpinan. ” Menurut Bapak Mendagri, Tito Karnavian, kriteria staf yang baik itu ada 4 yaitu loyal, loyal, loyal dan berkompeten.” Ungkap Akmal.

Akmal menambahkan, selain loyalitas, para alumni sekolah kepamongprajaan harus mampu menjadi motor penggerak perubahan di organisasi masing-masing. “Meskipun hanya 6% dari jumlah ASN di Jawa Tengah, para anggota IKAPTK harus menjadi motor penggerak perubahan atau agent of cchange di Jateng” ujar Akmal.

IKAPTK sebagai sebuah organisssi non profit harus mampu memfasilitasi program dan kegiatan dalam rangka mendorong agar purna praja jadi agent of change. ” Saat ini IKAPTK sedang merancang program kerjasama dengan kembaga profesional untuk membimbing setidaknya 340 orang atau 10 orang per provinsi yang terbaik dari 3 angkatan baru lukus untuk dibantu dalam meraih beasiswa ke luar negeri melalui LPDP atau provider beasiswa lainnya. Saya akan minta setiap DPP untuk menyediakan dana untuk membisyai persiapan mereka. ” ujar Akmal.

Lebih lanjut Akmal Malik juga mengajak agar IKAPTK membangun budaya kolaborasi dengan alumni-alumni universitas lainnya dan berbagai organisasi ,masyarakat lainnya untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan permasakahan pembangunan. Politik pengabdian adalah jalan yang dipilih oleh IKAPTK.

Menyambut arahan Ketum DPN IKAPTK, Gubernur Jawa Tengah juga menyetujui bahwa loyalitas adalah yang utama dari seorang ASN. Namun dia mengingatkan agar loyalitas itu tidak buta dan harus berbasis pada kebenaran. ” Kalo pemimpinnya nyuruh korupsi jangan loyal. Boleh tidak loyal kalau pemimpinnya ngawur” ungkap Ganjar.

Ganjar juga menekankan kepada seluruh purna praja di Jawa Tengah untuk menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya dan terus melakukan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. “Saya menekankan dua hal bagi para alumni stpdn dan ipdn di Jateng yaitu inovasi dan integritas.” ujar Ganjar.

Pelantikan dan pengukuhan yang diikuti oleh seluruh pengurus DPP IKAPTK, DPK IKAPTK Jawa Tengah dan sebagian pengurus DPN IKAPTK berakhir yang dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi santai seluruh pengurus.

Ketua DPP terpilih menyampaikan komitmennya untuk menjadikan seluruh anggota IKAPTK seperti keluarga. “Kita ingin sinergi dalam loyalitas sebagai sebuah keluarga besar IKAPTK” ungkap Bergas.

Semarang, 2 Oktober 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.