Menu Close

Mendagri buka Kongres IKAPTK Sulteng, Ketua Umum DPN lantik pengurus terpilih

Palu (18/9/220 – Menteri Dalam Negeri, Prof. Tito Karnavian membuka Kongres IKAPTK Sulawesi Tengah sekaligus memberikan arahan kepada seluruh purna praja anggota Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sulawesi Tengah di Hotel Santika Palu. Hadir bersama Mendagri, Ketum DPN IKAPTK Akmal Malik, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura, Inspektur Jenderal Kemendagri, Kepala BPSDM Kemendagri dan para bupati/walikota di Sulawesi Tengah serta unsur FORKOMPIMDA di Sulteng. Kongres dan pelantikan pengurus IKAPTK Sulteng mengambil tema ” Tak Sedarah tapi Saudara”

Dalam pengarahannya Mendagri menyampaikan harapannya agar para purna mampu menjadi “agent of change” di wilayahnya masing masing. Tito Karnavian mengatakan para purna praja adalah “jantungnya ASN” karena berdasarkan statistik sebagian besar jabatan strategis ASN di daerah diisi oleh para anggota IKAPTK. Para lulusan APDN/STPDN/IPDN tersebar dan mengisi jabatan strategis baik di Pusat maupun di daerah. Tito mengharapkan agar para purna praja dapat menjadi motor penggerak untuk menghadapi revolusi 4.0 dan berbagai tantangan pembangunan global.

Sementara, Gubernur Sulteng Rusdi Mastura dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Menteri Dalam Negeri dan rombongan di Palu. Rusdi juga berharap agar IKAPTK Sulteng dapat melahirkan pemikiran cerdas dan kreatif untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat, serta relevan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu ; “Gerak Cepat menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju.”

Dengan begitu, Gubernur berpesan agar alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan agar terus berharmonisasi dan bersinergi secara maksimal sehingga dapat memberi andil bagi peningkatan Fiskal Daerah, menurunkan kemiskinan dan stunting serta menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

Kongres sendiri telah memilih M. Muchlis, MM Purna Praja Angkatan 03 STPDN sebagai Ketua menggantikan Ibu Derry Janggola yang telah memimpin IKAPTK selama 2 (dua) periode. Ketua terpilih bergerak cepat menyusun pengurus DPP IKAPTK yang dilantik oleh Ketua Umum DPN IKAPTK, Akmal Malik.

Dalam kesempatan dialog dengan para purna praja, Akmal Malik mengajak kepada seluruh purna praja di Sulawesi Tengah yang nota bene merupakan pejabat strategis di Sulteng untuk tidak alergi pada politik. ‘Tidak ada kebijakan apapun yang steril dari politik’. Oleh karena itu, sebagai pejabat tidak boleh alergi terhadap politik dan harus mampu mewarnai kebijakan kebijakan politik tersebut. ”Napas politik IKAPTK adalah politik pengabdian sehingga kita harus bisa mewarnai kebijakan kebijakan politik tersebut sejalan dengan apa yang diinginkan dan dirasakan oleh masyarakat.”

Ketua Umum DPN IKAPTK selanjutnya melantik Pengurus DPP IKAPTK Sulteng periode 2022 – 2027 berdasarkan SK Nomor 13/DPN-IKAPTK/SK/IX/2022 tanggal 18 September 2022 dengan susunan sebagai berikut:

Ketua DPP : M. Muchlis, MM

Wakil Ketua I : M. Sadly Lesnusa, S.Sos, M.Si

Wakil Ketua II : Drs. Irvan Aryanto, M.Si

Wakil Ketua III : Drs. H. Alfian Djibran, MM., MH

Wakil Ketua IV: M. Taufik

Sekretaris DPP: Drs. Arfan, M.Si

Wakil Sekretaris I: Wahid Irwan, SSTP

Wakil Sekretaris II; Adhiguna N. Yusuf, SSTP, M.Si

Bendahara: Dina Mariani Mustakim, SSTP, M.Si

Bendahara I: Riski Tirtaprima, SSTP., MAP

Bendahara II: Nuraini, SSTP., M.Si

Palu, 18 September 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.